• dikbud@kalbarprov.go.id
  • (+62561)-734602, 733756
News Photo

Menanamkan Sikap dan Prilaku Hidup Sehat Guna Mewujudkan Anak yang Berkualitas

DIKBUD KALBAR – Pontianak, 19 November 2020 Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Barat melaksanakan kegiatan Rapat Koordinasi Tim Pembina Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2020.

Anak usia sekolah adalah sebuah Potensi yang sangat luar biasa dan merupakan Sasaran strategis, karena terorganisir, mudah diintervensi, cepat menerima perubahan, dapat berperan sebagai pembaharu serta memiliki daya ungkit yang besar terhadap peningkatan IPM Provinsi Kalimantan Barat.

Semua jenjang Pendidikan harus dapat melaksanakan UKS/M dengan baik, dan SKP terkait yang tergabung dalam Tim Pembinaan UKS/M baik di Provinsi, Kabupaten/Kota maupun kecamatan harus mendukung dan ikut terlibat. Saya yakin UKS/M akan menjadi sebuah program yang dapat diandalkan dalam rangka mewujudkan sekolah sehat di Provinsi Kalimantan Barat, yaitu sekolah yang memperhatikan kesehaatan seluruh warga sekolah , yang meliputi peserta didik, guru dan tenaga kependidikan serta masyarakat yang berada di sekitar sekolah yang akan memberikan dampak secara langsung terhadap peningkatan kualitas dunia Pendidikan kita. “ujar Sugeng Hariadi,MM”.

Sugeng Hariadi mengajak seluruh jajaran Tim Pembina UKS/M untuk dapat beruat secara serius bagi kemajuan program UKS/M kedepan. Banyak hal yang dapat kita lakukan seperti:

1.     Merevitalisasi program sekolah percontohan;

2.     Memperkuat program peningkatan keamanan pangan jajanan anak sekolah;

3.     Mempertajam program pembiasan perilaku hidup bersih dan sehat, berupa pengelolaan sampah, survey jentik di sekolah, , mencuci tangan pakai sabun dan lain-lain;

4.     Mempertegas penerapan Kawasan bebas asap rokok dan Kawasan bebas dari tindak kekerasan.

Share This News

Comment

Jika tidak puas dengan layanan kami, silakan hubungi