• pendidikan@kalbarprov.go.id
  • (+62561)-734602, 733756
News Photo

Rakor Ujian Nasional 2020 untuk Meningkatkan Kualitas Penyelenggaran Ujian Nasional di Kalimantan Barat

DISDIKBUD KALBAR – Pontianak, 12 Februari 2020 Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Barat melaksanakan Rakor Ujian Nasional yang dihadiri oleh peserta dari Kemenag Prov.Kalbar, Kemenag Kabupaen/Kota, Kepala LPMP Prov.Kalbar, Pejabat structural di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Prov. Kalbar, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten/Kota, Ketua MKKS Kabupaten/Kota dan perwakilan Kepala Sekolah se- Kalimantan Barat.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Barat dalam sambutannya menyampaikan bahwa Rapat Koordinasi ini bertujuan untuk menyamakan persepsi tentang pelaksanaan Ujian Nasional serta persepsi tentang pelaksanaan Ujian Nasional di tingkat Kabupaten/Kota.  Oleh karena itu pada kesempatan ini perlu dibicarakan hal-hal teknis yang berkaitan pelaksanaan Ujian Nasional dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional antara lain:

  1. Ujian Nasional Berbasis Komputer berkaitan dengan kesiapan satuan Pendidikan jenjang SMP/MTs, SMA/SMK/MA;
  2. Pembiayaan penyelenggaraan;
  3. Serta hal-hal lain yang berkaitan dengan penyelengaraan Ujian Nasional Tahun 2020;

Terhadap permasalahan tersebut diatas, perlu dirumuskan kesepakatan-kesepakatan antara Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota terhadap penyelenggaraan Ujian Nasional Tahun 2020 ini.

Dalam mencapai tujuan Pendidikan secara nasional itu kita juga perlu mengembangkan standar nasional pendidikan, yang bertujuan untuk menjamin mutu pendidikan nasional dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat. Untuk melihat ketercapaian standar nasional pendidikan kita juga perlu melakukan evaluasi. Dimana evaluasi yang dimaksud merupakan kegiatan pengendalian, penjaminan, dan penetapan mutu pendidikan terhadap berbagai komponen pendidikan pada setiap jalur, jenjang dan jenis pendidikan sebagai bentuk pertanggungjawaban penyelenggaraan pendidikan.

Share This News

Comment

Jika tidak puas dengan layanan kami, silakan hubungi